Tuesday, April 3, 2018

Belajar Menulis Bersama Wattpad

Apa sih Wattpad itu?
Wattpad adalah sebuah media tempat berkumpulnya para pembaca, penulis, bahkan penerbit. Sebuah media yang mewadahi penulis untuk menuangkan karyanya, memberikan ruang yang seluas-luasnya untuk terjadinya kontak antara pembaca dan penulis. Bagi penerbit, media ini menjadi semacam alat ukur pasar. Penerbit bisa membaca selera pasar melalui Wattpad bahkan mengenal banyak penulis baru yang berbakat.

Semenjak 3 bulan terakhir ini saya sedang berusaha serius menggarap buku-buku saya di Wattpad. Dan luar biasa. Wattpad sangat membantu saya untuk konsisten menulis. Padahal selama ini rasanya sulit sekali untuk menggarap sebuah tulisan. Mungkin nuansa yang dibangun Wattpad serupa perpaduan sosial media dan blog sehingga ada semacam rasa ketagihan yang tercipta untuk terus membuka situs tersebut. Lebih-lebih berseliwerannya berbagai banyak tulisan dari berbagai jenis penulis dan kelas. Mengapa saya menyebut kelas di sini, karena ada penulis-penulis yang sungguh-sungguh serius menggarap tulisan-tulisannya hingga diterbitkan penerbit mayor dan ada yang sekedar angin-anginan menulis. Tetapi, aura buku yang bertebaran setiap layar dibuka pada situs ini membuat saya terus ingin mengecek buku saya sendiri. Apakah saya sudah up date cerita? Saya harus up date cerita biar pembaca terus mengunjungi lapak saya. Tanpa terasa novel Balakosa yang hampir setahun mandek di blog pada chapter 1 di Wattpad sudah berkembang hingga chapter 27 detik ini. Tiap hari saya berusaha melakukan up date. Walaupun kualitas tulisan saya masih berada pada titik kualitas yang sama, paling tidak saya sudah mengasah konsistensi saya pada kegiatan ini. Mungkin sulit untuk menyamai Putu Wijaya yang sangat produktif menghasilkan karya bermutu. Tetapi bukan tidak mungkin untuk dilakukan selama konsistensi tersebut terus dipertahankan.

Melalui Wattpad, saya rasa penulis dapat mengembangkan kualitasnya dengan baik. Karena walaupun ada penerbit yang pernah mencap penulis Wattpad tidak bermutu. Tetapi, perlu diingat, menulis adalah sebuah proses. Bukan tidak mungkin suatu saat penulis yang dicap tidak bermutu itu akan menghasilkan sebuah karya yang luar biasa. Hal itu dapat saya buktikan dari penulis yang ada di Wattpad yang merasa ketika awal menulis di Wattpad tidak cukup percaya diri dengan kualitas tulisannya. Tetapi beriring waktu dan ketekunan untuk belajar serta memperbaiki diri. Lambat laun tulisannya membaik dan buku-bukunya di Wattpad sudah disunting banyak penerbit mayor.

Jadi untuk menjadi lebih baik. Penulis harus memanfaatkan semua media yang memungkinkannya untuk berkembang lebih baik. Dan saat ini, saya memutuskan untuk belajar menulis bersama Wattpad. Saya tidak tahu kemana nanti muara tulisan-tulisan yang telah bertumpuk di Wattpad itu. Tetapi saya ingin terus mengasah tulisan ini semakin berkarakter dan bermutu. Itu bukan hal yang instan tapi butuh waktu dan usaha. Saya yakin Wattpad mampu membantu. Silahkan mampir ke @MardianaKappara untuk membaca usaha saya belajar menulis.

Bagaimana dengan kamu?

0 comments:

Post a Comment

 

(c)2009 Mardiana Kappara . Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger